Selasa, 13 Desember 2011

Rupiah Selasa Sore Kembali Melemah

JAKARTA--MICOM: Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali melemah sebesar 10 poin atau balik arah ke area negatif setelah pada pagi tadi sempat menguat.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarBank di Jakarta Selasa (13/12) sore bergerak ke posisi 9.060 dibanding sebelumnya 9.050.

"Mata uang Euro yang bergerak melemah terhadap dolar AS dan sepertinya akan terus tertekan akibat hasil pertemuan Eropa yang kembali mengecewakan investor, mendorong mata uang lainnya melemah termasuk rupiah," kata analis mata uang monex Investindo Futures Ariston Tjendra.

Menurutnya, pelaku pasar keuangan masih meragukan hasil KTT Eropa. KTT Uni Eropa tidak berhasil mendapatkan komitmen dari 27 negara anggota dalam penyatuan aturan fiskal negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. "Sebanyak 17 negara pengguna euro dan enam negara Uni Eropa menyetujui penyatuan aturan disiplin fiskal. Sementara yang lain akan meminta
persetujuan parlemen masing-masing terlebih dahulu," katanya.

Ia mengatakan, tidak adanya satu suara terhadap proposal penyatuan aturan untuk mendisiplinkan fiskal negara-negara Uni Eropa mengecewakan pelaku pasar. Namun sisi positifnya, semua negara pemakai euro menyetujui dan Uni Eropa juga sepakat untuk menyediakan dana cadangan sebesar 200 miliar euro untuk dana moneter internasional (IMF) dalam membantu negara-negara yang bermasalah.
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/13/283729/20/2/Rupiah-Selasa-Sore-Kembali-Melemah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar