Minggu, 18 Desember 2011

Hawaii bidik Bali sebagai sister province

DENPASAR: Negara bagian Amerika Serikat, Hawaii, menyatakan keinginannya untuk bersinergi di bidang pariwisata dalam bentuk sister province dengan Provinsi Bali.

Keinginan itu disampaikan Dubes Indonesia untuk AS Dino Patti Jalal dalam pertemuan singkat dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika hari ini.

Made Mangku Pastika mengatakan keinginan itu sebenarnya sudah dikemukakan beberapa waktu lalu. Surat permintaan dari kepulauan yang ditemukan James Cook itu telah dilayangkan pada pemerintah provinsi dan Kemenlu yang dipimpin Marty Natalegawa.

"Namun kami belum sempat menanggapinya secara serius," katanya saat memberikan keynote speech pada acara Bankers Lunch 2011 bertajuk Mewujudkan Keseimbangan yang Efisien Menuju Pertumbuhan yang Berkesinambungan di kantor Bank Indonesia Denpasar, hari ini.

Pastika melanjutkan pemerintah Hawaii merencanakan perjalanan wisata langsung dari kawasan wisata yang baru saja menjadi tuan rumah KTT APEC 2011 ke Bali atau sebaliknya. "Permintaan itu akan kita tanggapi serius untuk mendongkrak pariwisata di Bali."

Pada 2011, Provinsi Bali menyumbang target wisman sebanyak 2,7 juta dari 7,7 juta target secara nasional. Secara keseluruhan angka wisatawan ke Bali hingga sepuluh bulan terakhir pada 2011 tercatat 2,35 juta, atau naik 9,42% dibanding tahun sebelumnya.
Penggiat pariwisata Bali di bidang olahraga surfing, Irawan Piping mengatakan sinergi dengan Hawaii sangat mungkin di lakukan. Pantai di Bali dan Hawaii, sudah mahfum bagi para wisatawan sebagai destinasi surfing.

"Bedanya ombak bagus di Bali ada pada sepanjang tahun, sementara di Hawai hanya 8 bulan musim panasnya." (21/tw)
http://www.bisnis.com/articles/hawaii-bidik-bali-sebagai-sister-province

Tidak ada komentar:

Posting Komentar